WAJIB DIKETAHUI, APA ITU KOREKSI FISKAL ???

Post Image
06 Jul 2020

Di Indonesia setiap perusahaan yang berbentuk Badan terutama berbentuk Perseroan Terbatas (PT), wajib membuat LAPORAN KEUANGAN guna memenuhi syarat HUKUM baik berdasarkan UU PT maupun UU Pajak. Untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayar, biasanya perusahaan melakukan KOREKSI FISKAL atas LAPORAN KEUANGAN KOMERSIAL yang dibuat dikarenakan peraturan terkait laporan keuangan memiliki perbedaan dengan peraturan pajak.

KOREKSI FISKAL atau biasa disebut KOREKSI PAJAK merupakan koreksi yang dilakukan akibat adanya perbedaan yang terdapat dalam LAPORAN KEUANGAN  yang disusun berdasarkan ketentuan AKUNTANSI dengan ketentuan PAJAK, biasanya laporan perbedaan ini disebut sebagai REKONSILIASI FISKAL.

1. Penyebab Terjadinya Koreksi Fiskal

Koreksi fiskal terjadi karena adanya perbedaan perlakuan/pengakuan penghasilan maupun biaya antara akuntansi komersial dengan akuntansi pajak.

 

2. Tujuan Koreksi Fiskal

Tujuan koreksi fiskal adalah melakukan penyesuaian atas penghasilan komersial menurut peraturan pajak  sehingga tidak terjadi kesalahan penghitungan besarnya pajak penghasilan.

 

3. Jenis-jenis Koreksi Fiskal

ada dua jenis koreksi fiskal, yaitu :

  • Koreksi Fiskal Positif

koreksi yang mengakibatkan laba fiskal lebih besar dari laba komersial

  • Koreksi Fiskal Negatif

koreksi yang mengakibatkan laba fiskal lebih kecil dari laba komersial

 

4. Tahapan dalam Rekonsiliasi Fiskal

Langkah-langkah yang dilakukan dalam koreksi fiskal yaitu :

  • Mengenal lebih dulu penyesuaian fiskal yang diperlukan pada perusahaan;
  • Menganalisa elemen penyesuaian untuk menentukan pengaruhnya terhadap laba usaha kena pajak;
  • Mengkoreksi fiskal dengan menganalisa angka koreksi fiskal negatif dan positif;
  • Menyusun laporan keuangan secara fiskal sebagai lampiran SPT tahunan pajak penghasilan.

 

Dalam membuat SPT Tahunan perlu dilampirkan REKONSILIASI FISKAL agar terhindar dari pelanggaran yang menyebabkan pemeriksaan pajak.

Apabila anda kesulitan dalam pembuatan REKONSILIASI FISKAL maka V2C Consultant bisa menjadi solusi tepat sebagai jasa konsultan profesional dengan tim konsultan Terdaftar, Terpercaya, dan Handal. Kami memberikan pelayanan secara komprehensif dalam semua aspek (Akuntansi, Hukum, dan Perpajakan).

Anda dapat menghubungi kami melalui :
Telp     : 021 733 4239
WA      : 0851 0229 3839
E-Mail : mkt@v2cconsultant.com
Web.    : www.v2cconsultant.com

 

 


 

Konsultasikan Bisnis Anda dan Tumbuh Bersama Kami!

Kami adalah perusahaan jasa konsultan pajak dan bisnis profesional dengan tim konsultan terdaftarterpercaya, dan handal. Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan konsultan profesional yang terandal di Indonesia dengan reputasi terbaik.