SIMAK! PENTINGNYA BUKTI TRANSAKSI DALAM BISNIS PERUSAHAAN

Post Image
16 Jul 2020

Dalam membuat pencatatan atau pembukuan perusahaan, hal mendasar yang harus tersedia yaitu BUKTI TRANSAKSI. Apakah yang dimaksud dengan BUKTI TRANSAKSI? Kita sering mendengar mengenai kuitansi, bon, invoice, dan faktur pajak. Nah, itu semua merupakan beberapa contoh mengenai BUKTI TRANSAKSI. Sebelum membahas bagaimana pentingnya BUKTI TRANSAKSI bagi perusahaan, mari kita mengenal BUKTI TRANSAKI dahulu.

Pengertian Bukti Transaksi

BUKTI TRANSAKSI merupakan dokumen autentik atau asli yang digunakan sebagai dasar dalam pencatatan keuangan. BUKTI TRANSAKSI ini sebagai alat untuk merekam seluruh kegiatan transaksi perusahaan. Misal saat sebuah perusahaan melakukan pembelian barang/jasa maka akan mendapatkan BUKTI TRANSAKSI bahwa telah melakukan pembelian atas barang/jasa tersebut. Begitupun sebaliknya, apabila sebuah perusahaan menjual barang/jasa maka perusahaan memberikan BUKTI TRANSAKSI.

Fungsi Bukti transaksi

  1. Dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam menyatakan suatu transaksi;
  2. Media yang berisikan informasi atas suatu transaksi;
  3. Dapat mengetahui pihak mana yang bertanggung jawab atas transaksi tersebut;
  4. Dapat terhindar dari duplikasi pengumpulan data.

Jenis-Jenis Bukti Transaksi

  • Bukti Transaksi Internal

Bukti transaksi internal merupakan BUKTI TRANSAKSI yang berasal dari dalam perusahaan untuk perusahaan itu sendiri.

Contohnya:

  1. Memo, yaitu bukti pencatatan antar bagian atau manajer dengan bagian lain yang ada di lingkungan perusahaan.
  2. Bukti Kas Masuk, yaitu bukti saat perusahaan telah menerima sejumlah uang (atas penjualan barang/jasa).
  3. Bukti Kas Keluar, yaitu bukti saat perusahaan telah mengeluarkan sejumlah uang (pembayaran gaji, utang, dsb).

 

  • Bukti Transaksi Eksternal

Bukti ini merupakan BUKTI TRANSAKSI yang berhubungan dengan pihak luar perusahaan.

Contohnya :

  1. Kuitansi, yaitu bukti transaksi atas pembayaran atau penerimaan uang yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, baik pihak yang telah melakukan pembayaran ataupun yang menerima sejumlah uang.
  2. Faktur (Invoice), yaitu bukti transaksi penjualan atau pembelian secara kredit.
  3. Nota Debit, yaitu bukti transaksi tentang perhitungan yang dikirim oleh suatu perusahaan usaha kepada konsumennya.Nota ini memberitahukan pada konsumen bahwa akunnya sudah didebit dengan jumlah tertentu.
  4. Nota Kredit, yaitu bukti penghitungan yang dikirim suatu perusahaan kepada kepada pelanggannya bahwa akunnya telah dikredit sejumlah tertentu.
  5. Cheque, yaitu surat perintah yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di bank agar bank tersebut membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebut oleh pemilik rekening bank. Cek wajib ditandatangani oleh pihak nasabah yang memiliki simpanan dalam bentuk giro di rekening tersebut.
  6. Bilyet Giro, yaitu surat perintah dari nasabah kepada pihak bank agar memindahbukukan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima. 
  7. Rekening Koran, mutasi kas masuk dan keluar pada bank yang disusun oleh pihak bank untuk nasabahnya.
  8. Perjanjian, yaitu kesepakatan antara kedua belah pihak untuk melaksanakan hak dan kewajiban. Dalam hal ini perjanjian yang dimaksud yaitu kesepakatan antara kedua belah pihak bahwa akan melakukan transaksi atas pembelian atau penjualan barang/jasa.

Pentingnya Bukti Transaksi Bagi Perusahaan

BUKTI TRANSAKSI dinilai penting untuk kegiatan operasional perusahaan. Dengan adanya BUKTI TRANSAKSI, tingkat keefektifan sumber daya ekonomi suatu perusahaan dapat dinilai, sehingga bisa dijadikan pertimbangan sebagai bahan untuk mengambil keputusan. Selain itu, dalam membuat suatu pencatatan atau pembukuan dalam perusahaan diperlukan adanya BUKTI TRANSAKSI agar pencatatan tersebut valid. Apabila pembukuan yang dibuat oleh perusahaan tidak memiliki BUKTI TRANSAKSI sebagai dasar dalam pencatatan, maka laporan tersebut patut dipertanyakan keabsahannya. Maka dari itu, BUKTI TRANSAKSI adalah hal utama yang harus ada dalam membuat Pencatatan atau Pembukuan.

Sebagai PEMILIK USAHA, kita perlu mengetahui pentingnya melakukan PEMBUKUAN untuk perusahaan. Pembukuan  merupakan proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan secara teratur dan terperinci. Kemudian, Pembukuan ini nantinya akan diteruskan menjadi LAPORAN KEUANGAN. Oleh karena itu sekecil apapun usaha yang dijalankan, seorang pengusaha harus MENGERTI PENTINGNYA PEMBUKUAN untuk perusahaannya.  Jika Anda selaku pemilik usaha tentu tidak ingin waktu berharga Anda terbuang karena masalah pembukuan keuangan yang kurang lengkap atau mendapatkan surat dari Ditjen Pajak. Apabila anda kesulitan dalam pembuatan Pembukuan maka V2C CONSULTANT bisa menjadi solusi tepat sebagai jasa konsultan profesional dengan tim konsultan Terdaftar, Terpercaya, dan Handal. Kami juga memberikan pelayanan secara komprehensif dalam semua aspek (Akuntansi, Hukum, dan Perpajakan).

Jika Anda membutuhkan konsultasi dan bantuan seputar AKUNTANSI, PAJAK, HUKUM DAN BISNIS, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui:
Telp     : 021 733 4239
WA      : 0851 0229 3839
E-Mail : mkt@v2cconsultant.com
Web.    : www.v2cconsultant.com


 

Konsultasikan Bisnis Anda dan Tumbuh Bersama Kami!

Kami adalah perusahaan jasa konsultan pajak dan bisnis profesional dengan tim konsultan terdaftarterpercaya, dan handal. Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan konsultan profesional yang terandal di Indonesia dengan reputasi terbaik.