Salah Lapor SPT Tahunan? Berikut Syarat Pembetulannya

Post Image
28 May 2020

Sebagai Wajib Pajak yang taat akan aturan, sangat penting untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)  . Namun, bagaimana jika ada revisi baik untuk harta maupun kewajibannya?

Untuk itu, perlu dilakukan pembetulan SPT yang dapat dilakukan secara online ataupun offline. Menurut UU No. 6 Tahun 1983 Pasal 8 ayat 1 menyebutkan bahwa:

“Wajib Pajak dapat membetulkan sendiri Surat Pemberitahuan dengan menyampaikan pernyataan tertulis, sepanjang Direktur Jenderal Pajak belum mulai melakukan tindakan pemeriksaan.”

Dalam hal pembetulan, Wajib Pajak dapat menyatakan rugi atau lebih bayar yang akan disampaikan paling lama 2 tahun sebelum kedaluwarsa masa penetapan.

Apakah terdapat sanksi jika melakukan pembetulan SPT?

Apabila Wajib Pajak melakukan pembetulan sendiri SPT Tahunan yang mengakibatkan utang pajak menjadi lebih besar, maka akan dikenakan sanksi administrasi berupa sanksi bunga sebesar 2% perbulan atas jumlah pajak yang kurang dibayar. Jangka waktu perhitungan bunga adalah dihitung sejak jatuh tempo pembayaran sampai dengan tanggal pembayaran dan bagian dari bulan dihitung penuh 1 bulan.

Pemberlakuan sanksi ini bertujuan untuk mengurangi adanya tindakan Fraud oleh Wajib Pajak dengan dalih melakukan pembetulan SPT.

Syarat Pembetulan SPT (sesuai Pasal 8 UU No. 28 Tahun 2007):

  1. Atas kemauan sendiri dengan menyampaikan pernyataan tertulis;
  2. Belum dilakukan tindakan pemeriksaan*;
  3. Harus disampaikan paling lama 2 (dua) tahun sebelum kedaluwarsa penetapan**.

Note:

*Tindakan pemeriksaan yang dimaksudkan adalah:

  1. Penyampaian surat pemberitahuan pemeriksaan kepada wajib pajak, wakil kuasa, pegawai atau anggota keluarga yang telah dewasa dari wajib pajak,
  2. Penyampaian surat pemberitahuan hasil verifikasi, dan
  3. Penyampaian pemberitahuan pemeriiksaan bukti permulaan

**Yang dimaksud dengan kedaluwarsa penetapan sesuai Pasal 13 ayat (1) UU KUP adalah:

Jangka waktu 5 (lima) tahun setelah saat terutangnya pajak atau berakhirnya Masa Pajak, atau Tahun Pajak.

PASTIKAN bahwa penginputan SPT telah sesuai dengan data sebenarnya, agar menghindari adanya pajak yang kurang dibayarkan oleh Wajib Pajak.

Apabila anda kesulitan dalam pelaporan SPT Tahunan Pembetulan maka V2C Consultant bisa menjadi solusi tepat sebagai jasa konsultan profesional dengan tim konsultan Terdaftar, Terpercaya, dan Handal dalam semua aspek (Akuntansi, Hukum, dan Perpajakan).

Anda dapat menghubungi kami melalui :

Telp     : 021 733 4239

WA      : 0851 0229 3839

E-Mail : mkt@v2cconsultant.com

Web.    : www.v2cconsultant.com

 


 

Konsultasikan Bisnis Anda dan Tumbuh Bersama Kami!

Kami adalah perusahaan jasa konsultan pajak dan bisnis profesional dengan tim konsultan terdaftarterpercaya, dan handal. Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan konsultan profesional yang terandal di Indonesia dengan reputasi terbaik.