APA ITU BUKU BESAR ??? FUNGSI, JENIS, BENTUK, dan MANFAAT

Post Image
29 Jul 2020

LAPORAN KEUANGAN adalah hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan, karena berfungsi untuk mengetahui KONDISI FINANSIAL dan PENGAMBILAN KEPUTUSAN.

Dalam membuat LAPORAN KEUANGAN tentu kita sering mendengar mengenai BUKU BESAR.

BUKU BESAR merupakan salah satu siklus akuntansi yang akan kita lalui jika ingin membuat LAPORAN KEUANGAN.

 

PENGERTIAN BUKU BESAR

BUKU BESAR adalah pengelompokan akun-akun yang akan digunakan untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada suatu akun yang disebabkan karena adanya transaksi keuangan.

 

FUNGSI BUKU BESAR

Untuk meringkas semua data transaksi yang sudah tertulis di dalam jurnal, berisi tentang perkiraan-perkiraan terkait transaksi keuangan terhadap perubahan sejumlah akun seperti AKTIVA, KEWAJIBAN, MODAL, PENDAPATAN dan BIAYA perusahaan.

 

JENIS BUKU BESAR

  1. BUKU BESAR UMUM

Kumpulan perkiraan yang ada dalam suatu periode tertentu yang  berdiri sendiri dan bersifat umum serta berfungsi mengikhtisarkan pengaruh transaksi terhadap perubahan transaksi perusahaan. 

Pencatatan ke buku besar umum dilakukan secara berkala,  biasanya pada setiap akhir bulan berdasarkan jurnal khusus atau hasil rekapitulasi jurnal khusus. Proses memindahkan catatan dari jurnal ke buku besar dinamakan POSTING.

  1. BUKU BESAR PEMBANTU atau sering disebut BUKU TAMBAHAN

Kumpulan perkiraan khusus yang mencatat RINCIAN  yang memberi informasi secara mendetail.

Perubahan secara keseluruhan dicatat pada perkiraan di buku besar umum sebagai perkiraan induk, sedangkan perubahan kepada masing-masing pelanggan/pemasok dicatat pada perkiraan masing-masing nama pelanggan/pemasok dalam perkiraan buku besar pembantu.

Contoh Buku Besar Pembantu adalah.

a. Buku Besar Pembantu Piutang Usaha

Merinci pelanggan perusahaan seperti:

  • Nama Pelanggan
  • Alamat
  • Nilai Piutang
  • Cara Pembayaran
  • Tanggal Jatuh Tempo

b. Buku Besar Pembantu Utang

Merinci pemasok perusahaan seperti:

  • Nama Pemasok
  • Alamat
  • Nilai Utang
  • Cara Pembayaran
  • Tanggal Jatuh Tempo

 

BENTUK BUKU BESAR

1. Bentuk T

Bentuk T

2. Bentuk Skontro

Buku besar bentuk skontro merupakan buku besar yang memiliki 2 kolom. Bentuk skontro berarti membelah menjadi dua kolom, yaitu kolom pertama debet dan kolom sebelahnya kredit.

Contoh buku besar skronto sebagai berikut.

Bentuk Skontro

 

3. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Tunggal

Buku besar bentuk staffle berkolom saldo tunggal merupakan bentuk buku besar yang digunakan jika jumlah transasksinya banyak.

Contoh bentuk buku besar Staffle Berkolom Saldo Tunggal sebagai berikut.

Bentuk Staffle Berkolom Saldo Tunggal

 

4. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Rangkap

Buku besar bentuk ini hampir sama dengan bentuk kolom saldo tunggal, namun bedanya dalam buku satffle saldo rangkap ini kolom saldo dibagi dua kolom, yakni kolom debet dan kolom kredit.

Contoh bentuk buku besar Staffle Berkolom Saldo Rangkap sebagai berikut.

Bentuk Staffle Berkolom Saldo Rangkap

 

MANFAAT BUKU BESAR

  • Menyediakan Rekam Jejak Utama Keuangan
  • Menyederhanakan dalam pembuatan Laporan Keuangan
  • Menyeimbangkan Berbagai Jenis Laporan Keuangan
  • Alat Laporan yang Kritis.
  • Memberi Petunjuk Transaksi yang Tidak Biasa

Sebelum memposting ke BUKU BESAR tentu kita harus mengecek apakah jurnal yang sudah dibuat sesuai dan tepat agar dapat posting ke buku besar dengan benar. Buku besar WAJIB DIMILIKI oleh setiap perusahaan untuk membantu mengatur keuangan dengan BAIK dan BENAR. Dengan mengetahui pengertian buku besar secara lengkap, tentunya laporan keuangan bisa dibuat dengan baik. Sebab, buku besar merupakan proses yang perlu dilakukan di dalam pembuatan LAPORAN KEUANGAN. Kesalahan pada proses ini akan berimbas pada kesalahan di proses selanjutnya. Apabila anda merasa kesulitan dalam membuat PEMBUKUAN maka, V2C Consultant bisa menjadi solusi tepat sebagai JASA KONSULTAN PROFESIONAL dengan tim konsultan TERDAFTAR, TERPERCAYA, dan HANDAL. Dalam memberikan pelayanan kepada klien, kami selalu mempertimbangkan SEMUA ASPEK (AKUNTANSI, HUKUM, PAJAK dan BISNIS). Anda dapat menghubungi kami melalui :

Telp     : 021 733 4239
WA      : 0851 0229 3839
E-Mail : mkt@v2cconsultant.com
Web.    : www.v2cconsultant.com


 

Konsultasikan Bisnis Anda dan Tumbuh Bersama Kami!

Kami adalah perusahaan jasa konsultan pajak dan bisnis profesional dengan tim konsultan terdaftarterpercaya, dan handal. Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan konsultan profesional yang terandal di Indonesia dengan reputasi terbaik.