4 Fakta EFIN Yang wajib Anda ketahui Sebelum Lapor Pajak

Post Image
24 Feb 2020

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, tentu setiap orang sudah terbiasa dengan segala kemudahan yang diberikan. Mulai dari pesan makanan, transportasi, hingga masalah kesehatan pun sudah tersedia melalui media online.  Tak mau kalah saat ini Wajib Pajak di Indonesia sudah di mudahkan dengan urusan perpajakannya, Wajib Pajak di Indonesia dapat menyetor dan melaporkan pajaknya secara online melalui layanan milik direktorat Jenderal Pajak yang diberi nama DJP Online, Anda dapat mengaksesnya melalui link berikut https://djponline.pajak.go.id/.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama saat memasuki bulan januari hingga april seperti saat ini, banyak Wajib pajak yang disibukkan untuk melaporkan SPT Tahunannya. Dengan adanya sistem online ini tentu sangat memudahkan para Wajib Pajak karena mereka tidak perlu repot-repot datang ke KKP lagi, para Wajib Pajak dapat melaporkan SPT Tahunnan-nya melalui menu e-Filing. Untuk dapat mengakses e-Filing, Wajib Pajak wajib memiliki e-FIN, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan e-FIN? Yuk simak artikel berikut sampai habis agar Rekan Pajak V2C benar-benar paham dan mengerti bagaimana cara mendapatkannya hingga apa fungsi dari e-FIN.

1. Pengertian e-FIN

Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Wajib Pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak.

EFIN digunakan sebagai salah satu alat autentikasi agar setiap transaksi elektronik dapat dienkripsi, sehingga Wajib Pajak dapat melaporkan pajaknya secara online dengan aman karena sudah terjamin kerahasiaannya. e-FIN menjadi syarat wajib bagi para Wajib Pajak yang ingin melaporkan SPT Tahunan melalui fitur e-Filing melalui DJP Online ataupun Aplikasi pelaporan pajak online (ASP) yang telah di tunjuk oleh DJP.

 

2. Jenis e-FIN

Berdasarkan penggunaannya e-FIN di bagi menjadi 2 jenis, yaitu e-FIN yang diperuntukan bagi Wajib Pajak Badan atau perusahaan dan EFIN yang diperuntukan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Jadi jika Rekan Pajak V2C adalah seorang Pengusaha jangan sampai lupa untuk membuat EFIN untuk Anda dan untuk Perusahaan Anda. Jika merasa Kesulitan dan  butuh bantuan dalam pembuatan e-FIN dan melaporkan pajak Anda dapat menghubungi kami disini.  

 

3. Cara mendapatkan e-FIN

Anda dapat mendapatkan e-FIN dengan mudah, Anda cukup mengunduh formulir secara online dan pergi ke KPP untuk melakukan proses verifikasi dan aktivasi, Satu hal yang harus Anda ketahui pembuatan e-FIN tidak dapat diwakilkan Anda harus datang sendiri ke KPP terdekat sesuai dengan peraturan DJP Nomor PER-32/PJ/2017 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat e-FIN:

A. Mendapatkan e-FIN Pajak Orang Pribadi

a. Download Formulir Aktivasi e-FIN

Sebelum datang ke KPP Anda harus mengunduh formulir permohonan aktivasi e-FIN, jangan lupa untuk mencetak dan melengkapi datanya. Pada bagian kolom nomor e-FIN, anda cukup mengosongkannya karena bagian ini akan diisi oleh petugas KPP. Anda dapat mengunduh formulirnya disini.

b. Ajukan Formulir Anda ke KPP terdekat disertai berkas-berkas berikut:

  • Formulir aktivasi e-FIN yang sudah diisi
  • Alamat email yang aktif untuk mengirimkan verifikasi
  • Identitas diri asli dan fotokopi (KTP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA)
  • NPWP asli dan fotokopi

Setelah semua berkas Anda berhasil di proses oleh petugas KPP, Anda akan mendapatkan 10 digit  nomer e-FIN. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan nomor e-FIN Anda agar terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

c. Aktivasi akun DJP Online Anda

Setelah mendapatkan No. e-FIN Anda harus langsung melakukan Aktivasi pada website DJP, Jika sudah lebih dari 30 hari Anda lupa melakukan aktivasi, maka harus melakukan pembuatan e-FIN baru lagi. Anda dapat melakukan aktivasi pada laman berikut https://djponline.pajak.go.id/account/login, setelah masuk Klik “daftar di sini” masukkan NPWP, e-FIN dan kode keamanan lalu klik “verifikasi”. Setelah itu buat password yang digunakan untuk login ke aplikasi DJP Online, Cek email Anda dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP Online. Klik link tersebut hingga Anda masuk ke halaman login aplikasi DJP Online. Login menggunakan NPWP dan password baru yang Anda buat, Selamat e-FIN Anda telah teraktivasi dan Anda siap untuk melakukan transaksi online di aplikasi DJP Online ataupun Aplikasi pelaporan pajak online (ASP) yang telah di tunjuk oleh DJP.

B. Mendapatkan e-FIN Pajak Badan

a. Download Formulir Aktivasi e-FIN

Sama seperti pembuatan e-FIN untuk Orang Pribasi, Sebelum datang ke KPP Anda juga harus mengunduh formulir permohonan aktivasi e-FIN, jangan lupa untuk mencetak dan melengkapi datanya. Pada bagian kolom nomor e-FIN, anda cukup mengosongkannya karena bagian ini akan diisi oleh petugas KPP. Anda dapat mengunduh  formulirnya disini.

b. Ajukan Formulir Anda ke KPP terdekat disertai berkas-berkas berikut:

  • Formulir aktivasi e-FIN yang sudah diisi
  • NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Wajib Pajak Badan.
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  • Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA).
  • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.

c. Jika perusahaan Anda memiliki kantor cabang, maka kantor cabang tersebut harus membuat e-FIN tersendiri, berkas-berkas yang harus dibawa adalah:

  • Formulir aktivasi e-FIN yang sudah diisi
  • Kartu NPWP atau SKT Wajib Pajak kantor cabang.
  • Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  • Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA).
  • Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
  • Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.

Setelah semua berkas Anda berhasil di proses oleh petugas KPP, Anda akan mendapatkan 10 digit  nomer e-FIN Badan. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan nomor e-FIN perusahaan Anda agar terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

d. Aktivasi akun DJP Online Anda

Sama seperti e-FIN untuk Wajib Pajak Pribadi, Setelah Anda mendapatkan nomor e-FIN Badan, Anda harus langsung melakukan Aktivasi pada website DJP. Anda dapat melakukan aktivasi pada laman berikut https://djponline.pajak.go.id/account/login, setelah masuk Klik “daftar di sini” masukkan NPWP, e-FIN dan kode keamanan lalu klik “verifikasi”. Setelah itu buat password yang digunakan untuk login ke aplikasi DJP Online, Cek email Anda dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP Online. Klik link tersebut hingga Anda masuk ke halaman login aplikasi DJP Online. Login menggunakan NPWP dan password baru yang Anda buat, Selamat e-FIN Badan untuk perusahaan Anda telah teraktivasi dan Anda siap untuk melakukan transaksi online di aplikasi DJP Online ataupun Aplikasi pelaporan pajak online (ASP) yang telah di tunjuk oleh DJP.

 

4. Jika nomor e-FIN Hilang atau lupa

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika kehilangan atau lupa nomor e-FIN adalah jangan panik! Karena banyak jalan menuju Roma, eh, maksudnya banyak jalan untuk mendapatkan nomor e-FIN Anda kembali. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan kembali nomor e-FIN Anda:

A. Bongkar kembali berkas-berkas perpajakan Anda, mungkin saja kertas e-FIN Anda terselip di sana.

B. Cek inbox email Anda, lalu ketikkan “e-FIN” pada kolom pencarian (search), siapa tahu Anda belum menghapus email dari DJP.

C. Jika masih belum ketemu anda dapat bertanya melalui Chat Pajak yang ada di situs pajak.go.id. Pada halaman sebelah kanan bawah website akan muncul logo “Chat Pajak”. Anda hanya perlu menekan logo tersebut dan petugas resmi pajak akan melayani Anda melalui fitur chat tersebut. Beritahukan kepada petugas bahwa Anda lupa e-FIN untuk melapor SPT Online. Petugas pajak akan membimbing Anda untuk mendapatkan kembali e-FIN Anda. Pastikan juga Anda sudah siap dengan informasi identitas pribadi dan NPWP Anda.

D. Anda juga dapat menelpon Call Center Kring Pajak di nomor 1500200. Beritahukan kepada petugas bahwa Anda lupa e-FIN untuk melapor SPT Online. Petugas pajak akan membimbing Anda untuk mendapatkan kembali e-FIN Anda. Pastikan juga Anda sudah siap dengan informasi identitas pribadi dan NPWP Anda.

E. Atau Anda dapat bertanya pada akun Twitter resmi Kring Pajak di @kring_pajak, Cukup mention atau Direct Messege (DM) kepada akun @kring_pajak bahwa anda kehilangan atau membutuhkan kembali nomor e-FIN yang pernah Anda buat. Maka Anda akan mendapatkan DM dari @kring_pajak dan silahkan ikuti instruksi yang di berikan oleh admin Kring Pajak.

H. Anda juga dapat datang ke KPP terdekat, jangan lupa mengambil nomor antrean khusus untuk layanan e-FIN yang biasanya berbeda jalur dengan antrean untuk lapor pajak. Pastikan untuk membawa kartu identitas (KTP) dan NPWP Anda dan mengisi formulir e-FIN yang tersedia untuk memudahkan petugas pajak menemukan e-FIN Anda kembali.

Itulah 4 fakta efin yang wajib anda ketahui sebelum lapor pajak, bagaimana mudah bukan? cukup meluangkan sedikit waktu didepan komputer yang terhubung dengan internet atau mempercayakan bantuan konsultan pajak Anda kepada konsultan pajak terpercaya seperti V2C Consultant, Anda dapat melaporkan SPT Tahunan dengan mudah.

Ingat, jangan sampai telat atau lupa lapor ya agar terhindar dari denda atau sanksi yang dapat memberatkan perusahaan atau diri Anda sendiri secara pribadi.

Yuk Lapor SPT Anda Sekarang!

 


 

Konsultasikan Bisnis Anda dan Tumbuh Bersama Kami!

Kami adalah perusahaan jasa konsultan pajak dan bisnis profesional dengan tim konsultan terdaftarterpercaya, dan handal. Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan konsultan profesional yang terandal di Indonesia dengan reputasi terbaik.